Film Mulan Belum Rilis tetapi Sudah Banyak DIbayangkan Masuk Box Office

  • Home
  • Film
  • Film Mulan Belum Rilis tetapi Sudah Banyak DIbayangkan Masuk Box Office
box office mulan

Ada alasan yang jelas mengapa Disney akan memandang Cina sebagai pasar utama untuk rilis Mulan. Ini adalah kisah Tiongkok, berlatar Tiongkok, dibintangi seorang aktris Tionghoa – hampir merupakan pemenang box office. Tetapi menurut Bob Iger, Disney belum menerima konfirmasi tentang tanggal rilis dari pemerintah Cina. Dan mereka tidak yakin kapan itu akan datang.

Ada alasan yang sangat logis untuk itu. Krisis Coronavirus, yang dimulai di Cina, telah mengakibatkan pembatasan pada pergerakan warga ketika para pejabat kesehatan berusaha untuk meminimalkan dampaknya. Pada dasarnya, saat ini, mereka tidak hanya memiliki hal-hal yang lebih penting untuk dikhawatirkan daripada rilis film, tetapi mereka pasti tidak akan mendorong kelompok besar orang untuk pergi ke teater.

Film ini telah menghadapi sedikit perjuangan berat untuk memenangkan dukungan publik. Pertama, ada reaksi setelah bintang film, Liu Yifei, berbicara membela pemerintah China di tengah-tengah protes Hong Kong tahun lalu. Kemudian, penggemar tidak senang ketika mereka mengetahui bahwa Mulan tidak akan menjadi musikal dan tidak akan menampilkan sahabat karib Mulan yang dicintai Mulan. Setelah cuplikan tes awal tidak diputar dengan baik, mereka harus kembali untuk mensyuting ulang. Dan kabarnya memiliki anggaran yang membentang hingga ratusan juta. Dengan kata lain – ada banyak yang dipertaruhkan agar film ini berhasil, dan Cina akan berhasil atau mematahkannya.

Bob Iger, CEO Disney, sangat menyadari keadaan yang mereda ini dan mengatakan kepada CNBC bahwa, pada titik ini, kekhawatiran terbesar mereka adalah kesehatan dan keselamatan. Walaupun kedengarannya seperti yang paling bisa dilakukan Disney saat ini adalah memantau situasi, masih ada banyak faktor yang mengemuka. Dan sepertinya agak dini untuk memprediksi dampak besar di box office.

Mulan akan dirilis di Amerika Serikat pada 27 Maret 2020 – lebih dari sebulan lagi dari sekarang. Tidak ada yang tahu apakah Coronavirus masih akan dianggap sebagai ancaman signifikan saat itu. Dan terlepas dari situasinya, sepertinya film itu akhirnya akan diputar di Cina – setidaknya, itulah yang diharapkan Disney.

Mungkin agak terlalu dini untuk benar-benar meyakini bahwa film Mulan akan merajai di box office global.